Rehabilitasi Mental

JADWAL KEGIATAN
DI INSTALASI REHABILITASI MENTAL
RUMAH SAKIT JIWA DAERAH PROVINSI JAMBI
 

  1. TERAPI GERAK/OLAHRAGA
  2. TERAPI RELIGI
  3. TERAPI KERJA
  • Bidang Pertanian
  • KETERAMPILAN ( menjahit, membuat telur asin, membuat manik-manik)
  1. TERAPI MUSIK
  2. TERAPI KELOMPOK

 

  1. Terapi Musik adalah suatu cara yang dilakukan untuk membantu klien rehabilitan dalam bidang ketrampuilan musik dan lagu. Tujuan Menyiapkan ketrampilan pasien untuk persiapan pulang ke lingkungan keluarga dan masyarakat.
  1. Terapi Religi adalah suatu cara yang dilakukan untuk membantu klien rehabilitan guna mengetahui hak dan kewajibannya sebagai manusia dan mensyukuri dirinya sebagai makhluk mulia. Tujuan Sebagai acuan langkah-langkah kegiatan terapi religi di Unit Rehabilitasi Mental.
  1. Terapi gerak dan olahraga adalah suatu cara yang dilakukan untuk membantu klien rehabilitan dalam bidang ketrampilan gerak dan olahraga sesuai dengan minat dan bakat klien guna meningkatkan ketrampilan.Tujuan Sebagai acuan langkah-langkah bimbingan kegiatan gerak dan olahraga.
  1. Terapi Kelompok (Group therapy) adalah suatu cara yang dilakukan untuk membantu pasien Rehabilitasi guna menggali permasalahan yang ada pada pasien, sehingga pasien benar-benar menyadari bahwa dia sakit.Tujuan Menyiapkan rasa percaya diri pasien setelah pulang dan berkumpul dengan keluarga dan masyarakat.
  2. Terapi kerja (pertanian) adalah proses kegiatan kerja yang memberi kesempatan pada klien untuk memperoleh kecakapan kerja yang tidak lepas dari resosialisasi.

       Tujuan

  • Menyiapkan ketrampilan pasien untuk persiapan pulang ke lingkungan keluarga dan
  • Membangkitkan aktifitas positif yang bersifat terapiutik.
  • Meningkatkan daya konsentrasi dan daya ingat
  • Meningkatkan kemampuan berkomunikasi
  • Meningkatkan kemampuan berkreatifitas.
  1. Terapi kerja (Ketrampilan Menjahit) adalah ilmu pemgetahuan tentang tata busana yang merupakan pekerjaan menyambung kain dan bahan-bahan lain yang dilalui oleh jarum dan benang. Tujuan Memberikan keterampilan menjahit busana kepada pasien rehabilitasi agar dapat bermanfaat untuk menambah penghasilan dan membantu perekonomian keluarga setelah pulang kerumah.
  2. Terapi kerja (Ketrampilan) adalah suatu cara yang dilakukan untuk membantu klien rehabilitan bekerja dalam bidang ketrampilan sesuai dengan minat dan bakat klien dan meningkatlkan ketrampilan khususnya dalam pembuatan telur asin.

            Tujuan

  • Membangkitkan aktifitas positif yang bersifat terapiutik
  • Meningkatkan kemampuan berkomunikasi
  • Meningkatkan kemampuan berkreatifitas.
  • Menyiapkan ketrampilan pasien untuk persiapan pulang ke lingkungan keluarga dan masyarakat.

 

 

 

 

 

WhatsApp chat